Minggu, 04 April 2010

AYO BANGKIT... AYO BERKARYA...

Ya Allah... sungguh terasa berat untuk memulai segala sesuatu yang memang tidak familiar sebelumnya dengan apa yang biasa dilakukan sehari-hari yaitu menulis. Ia seolah menjadi momok yang menakutkan...

Tapi kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi?

Memang terkadang atau kebanyakan ya? kemalasan itu akan mengakibatkan kita tertipu. Tertipu (ahh... terlalu banyak repetisi barangkali...) oleh nikmat yang selalu dinikmati atau yang memanjakan kita setiap hari. Nikmat apa sih itu?

Nikmat itu adalah nikmat kesehatan dan kelapangan yang dianugerahkan Allah SWT kepada kita sekalian dimana semestinya kedua hal tersebut justru disyukuri dengan cara berkarya yang bermanfaat bagi orang banyak. Seharusnya dengan anugerah kesehatan dan kelapangan baik itu kelapangan rezeki, kelapangan waktu bisa dimanfaatkan untuk membantu sesama ataupun digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna lainnya.

Yang sering dirasakan dalam memulai suatu kegiatan baru adalah :
- Merasa puas dengan kondisi yang didapatkan sekarang sehingga mematikan keinginan lain yang sebenarnya mampu untuk dicapai.
- Dibelenggu oleh rutinitas tanpa mampu membagi waktu untuk mencoba hal-hal lain.
- Jalan ditempat, tanpa ada progress yang mampu memacu kreatifitas dan inovasi sehingga keberadaannya dilingkungannya "nyaris tak terdengar".
- Wait and see, selalu menjadi pengekor dan tidak berusaha menjadi pelopor.
- Selalu ragu untuk berbuat dan mengambil keputusan. Takut gagal, takut tidak diterima orang, takut dikritik, takut disisihkan dan takut-takut yang lain.
- Tidak mau belajar. merasa cukup dengan ilmu yang sudah dimiliki saat ini sedangkan ilmu pengetahuan selalu berubah bukan saja dalam hitungan tahun, bulan, hari tetapi ilmu selalu berkembang bahkan dalam hitungan detik.
- Hidup seperti katak dalam tempurung, tidak tahu atau tidak mau tahu.... ya terhadap perkembangan dunia diluar lingkungan yang sudah terlanjur familiar dengan dia.
- Hanya bisa mengkritik, hanya bisa mencari kesalahan orang tanpa mampu mencarikan solusinya dan lebih jeleknya lagi justru suka mempengaruhi orang lain untuk memperoleh kemajuan.
- Lamban dalam membuat keputusan. Barangkali kapasitas mesinnya kecil ya... sehingga selalu tertinggal.... orang sudah bicara tentang cangkok jantung dia masih berkutat tentang cangkok rambutan.
- Banyak lagi alasan yang lain... yang mungkin bisa kita cari sendiri.

Terus bagaimana caranya mengatasi hal yang demikian...
- Lakukan ACTION sekarang. Apapun rencana yang ada dalam benak kita... biar orang tahu karya kita... biar rang tahu kualitas kita sehingga kita teruji. Kalau bisa pinjam istilah Pak Mario Teguh "Terbanglah untuk melakukan sesuatu sambil berupaya menumbuhkan sayap".
- Gagal bukan akhir dari segalanya sebab akan menjadi "kawah candra dimuka" bagi kita untuk menggapai sukses yang menjadi cita-cita.
- Jangan takut untuk keluar, sebab diluar sana terbentang segala hal yang baru untuk bisa dipelajari. Kaya lagu SLANK aja ya...
- Teruslah berlatih dan berlatih...
- Dan jangan ragu untuk bertanya kepada yang lebih tahu...

2 komentar:

  1. selamat datang (kembali) di dunia blogesphere mas.
    'Ayo berkarya' cocok sekali dengan awalan untuk blogging. Apapun tujuan blogging, entah untuk hobby, menyalurkan ide agar diketahui orang lain melalui internet, mendapatkan uang? bisnis atau yang lainnya.
    Keep action and keep dreaming... sebab orang sering 'berhenti tengah jalan'

    yuor sincerely,
    Ahmad Hanif.

    BalasHapus
  2. terimakasih motivasinya...www.ayoberkarya.com

    BalasHapus

bisnis, internet marketing, informasi bisnis